welcome to my official blog

dream as you life forever. life likes you will die tomorrow. be the best . I do believe in fairy ! I do ! I do !

Senin, 17 September 2012

registrasi maba unhas 2012


Registrasi on desk maba unhas
Tepat tanggal 7 agustus 2012 adalah jadwal pendaftaran registrasi on desk atau registrasi langsung di gedung universitas hasanuddin bagi para mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus.
Unhas memiliki 5 jalur masuk yaitu JPPB,POSK,JNS,SNMPTNtulis, dan SNMPTN undangan. Saya sendiri adalah maba yang terjaring dari jalur SNMPTN tulis. Setelah membayar uang registrasi sebesar 1,4 juta, kami di berikan username oleh pihak bank BTN yang digunakan untuk registrasi online,, akhirnya saya berhasil melengkapi berkas-berkas saya yang saya gunakan untuk registrasi on desk.
Kami diwajibkan mengenakan kemeja putih, sepatu hitam, kerudung hitam, dan rok hitam untuk registrasi langsung di gedung unhas.  Tiap maba memilikji jadwal registrasi on desk yang berbeda-beda tanpa  dilihat dari fakultas maupun jurusannya. Registrasi on desk universitras hasanuddin Makassar berlangsung selama 11 hari sejak 1 agustus- 11 agustus 2012. Dengan durasi 1,5 jam/periode registrasi dalam sehari. registrasi ulang saya terjadwal tanggal 7 pukul 14.00-14.30 wita. Kebetulan teman-teman saya dari kendari juga memiliki jadwal registrasi yang sama dengan saya . jadi kami berlima berempat berencana untuk ke unhas bersama.
Pagi itu segala persiapan telah  kami siapkan mulai dari rapor, ijazah, skhu, kartu snmptn, pasfoto, surat pernyataan dan lain sebagainya. Dan kami segera berangkat ke kampus unhas tamalanrea.
Setibanya disana, saya dengan teman saya citra tidak tahu dimana gedung registrasi berada. Akhirnya tapi ke rektorat dan bertanya kepada satpam. Setelah nyasar begitu lama, kami mendapatkan gedung tersebut.  Ternyata gedung tersebut terletak di pinggir danau.
Kami tiba di gedung registrasi pada pukul 16:00 wita. Artinya kami sangat sangat terlambat. Di jadwal sudah jelas-jelas tertulis bahwa jadwal registrasi 14:31-15:00. Tapi karena kami memohon mohon kepada panitia agar diizinkan masuk, akhirnya panitianya luluh dan mengizinkan kami masuk.
Setibanya didalam gedung, ternyata ada 20 meja yang telah berjejer. Satu persatu maba akan melakukan alur registrasi dari meja 1 hingga meja ke 20. Meja 1-3 berada di luar gedung dan meja 4-20 berada didalam. Tapi alur ini tidak rumit, malah sangat memudahkan maba J
Berikut alurnya (saya sudah agak lupa sebagian)
Meja ke…
1.       Setiap maba mengambil sebanyak 3 kertas disini. 2 kertas merah dan 1 kertas putih
2.       Mengambil kertas kuning dan mengisi identitas untuk pemeriksaan kesehatan. Kemudian maba diukur tinggi dan berat badan
3.       Mengisi berkas dan lanjut ke loket berikutnya
4.       Menyiapkan ijazah,skhu,rapor untuk diperiksa
5.       Memberikan kertas kuning terhadap panitia untuk diperlihatkan.
6.       Pemeriksaan barcode surat panggilan pertama
7.       Penempelan foto di kertas kuning
8.       Pengumpulan surat pernyataan
9.       Menyiapkan ijazah,skhu,rapor untuk diperiksa lagi
10.   Kartu tanda peserta SNMPTN tulias dan tanda bukti membayar spp di bank BTN di periksa
11.   Pemeriksaan barcode surat panggilan kedua
12.   Pengisian biodata kartu pemeriksaan kesehatan maba dan kemudian kencing untuk pemeriksaan urine
13.   Urine dikumpul dan kartu pemeriksaan maba dikembalikan
14.   Tes buta warna
15.   Pengukuran tekanan darah dan bincang bincang mengenai riwayat penyakit dengan para dokter RS pendidikan dokter universitas hasanuddin
16.   Cek golongan darah
17.   Pengumpulan akhir semua berkas yang telah diperiksa diloket-loket sebelumnya
18.   Menunggu pembagian kartu mahasiswa
19.   Menandatangani absen kehadiran registrasi ulang maba
20.   Pengumpulan berkas di prodi masing masing dan selesai J

Dan registrasi kami sangat simple dan praktis. Sedangkan urusan ospek dan KRS merupakan urusan civitas akademik unhas sehingga tidak membebankan para maba.

Dan akhirnya selesai sudah urusan kami. Tapi tak terasa air mata saya jatuh ketika registrasi. Saya belum menerima kenyataan bahwa saya telah resmi menjadi maba unhas. Seandainya saya lolos di ITB pasti saya registrasi ulangnya di sasana budaya ganesha Institut teknologi bandung. Bukannya di gedung registrasi unhas :’(  well, siapa tahu tuhan punya rencana lain dibalik ini semua . mari berjuang tahun depan agar bisa registrasi di sasana budaya ganesha. Buktikan kalau kamu bisa keluar dari unhas dengan cara yag membanggakan mong ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar